Baca Berita

Sinergi Apik TNI dan Pemda Beri Pelayanan KB

Oleh : bppkb | 15 September 2016 | Dibaca : 191 Pengunjung

Komando Distrik Militer (Kodim) 1616/Gianyar menggandeng Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar menggelar pelayanan program KB keliling di Kampung KB Banjar Marga Sengkala, Desa Bedahulu, Kecamatan Blahbatuh, (14/9).

Dandim 1616/Gianyar Letkol Berto SP. Capah mengatakan, pelayanan KB gratis merupakan bagian dari program layanan TNI terhadap masyarakat selain di bidang pertanian. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan keluarga berkualitas.

”Kami apresiasi antusias warga yang sadar dalam mendukung program pengendalian penduduk,”kata dia.

Beto menjelaskan, TNI ingin sepenuhnya terlibat langsung dalam pelayanan tersebut. Salah satunya dengan mengimbau jajarannya untuk turut menjadi pelopor Vasektomi. Ada beberapa anggotanya yang sudah melakukan MOP, dan diundang untuk memberi testimoni terhadap masyarakat.

”Biasanya usai mendengar pengalaman anggota kami, ada saja warga pria yang tertarik untuk vasektomi,”terangnya.

Dia juga berharap, warga semakin paham akan pentingnya mengendalikan jumlah penduduk, agar tidak sampai kebablasan memiliki banyak keturunan. Sebab, kebutuhan ekonomi kian hari meningkat, biaya kehidupan pun sangat tinggi.

”Dua anak saja cukup lah,”ujarnya.

Kepala BPPKB Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Sri Ambari mengatakakan minat masyarakat untuk mengikuti program KB semakin meningkat dari tahun ke tahun. Terutama kaum pria. Hal tersebut berdasarkan data kepesertaan tahun 2015 ditargetkan 50 akseptor, terealisasi 70 orang, kemudian untuk tahun 2016, hingga bulan September sudah mencapai 33 orang dari 50 yang ditargetkan.

”Bahkan, Oktober nanti sudah ada 20 calon akseptor yang disiapkan,”jelasnya.

Dayu Ambari juga menegaskan, tidak ada diskrimasi terhadap program layanan KB ini. Seluruh warga agama atau etnis apapun, asal memiliki KTP wilayah Kabupaten Gianyar, maka akan tetap mendapatkan pelayanan tersebut. Hal tersebut dibuktikan, dengan hadirnya puluhan warga umat muslim yang turut berpartisipasi. Mereka pun berbaur dengan warga lokal, dan mendapatkan pelayanan terbaik dari petugas kesehatan.

”Kedepan, pelayanan akan semakin intens, sehingga makin banyak masyarakat Gianyar terlayani,” terangnya.

Wayan Kutarini, 41, salah satu warga Banjar Marga Sengkala menyatakan kepuasannya atas layanan KB gratis tersebut. Dia mengaku sama sekali tidak ada keluhan, dan sangat nyaman memakai KB melalui inplan yang dipasang di bagian pertengahan lengan. Ini lebih nyaman, ketimbang cara AKRD yang dipasang di leher Rahim. (HumasGianyar/ari)


Oleh : bppkb | 15 September 2016 | Dibaca : 191 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Video
No Video.
Facebook
Twitter
Statistik Pengunjung


758919

Pengunjung hari ini : 125
Total pengunjung : 82551

Hits hari ini : 4726
Total Hits : 758919

Pengunjung Online: 4